FLYING SCHOOL

Dear Friends,

Kemarin saya sudah bercerita tentang gambaran dasar sekolah penerbangan. Informasi tersebut ternyata kembali mengundang banyak pertanyaan tentang flying school  dari sahabat-sahabat yang tertarik untuk mengikuti pendidikan penerbangan.

Sebelumnya saya akan bercerita tentang sekolah saya terlebih dahulu yaitu Aero Flyer Institute. Disinilah saya menimba ilmu dan menjalani flight training selama 2 tahun untuk mendapatkan license sebagai seorang penerbang.

Aero Flyer Institute (AFI) sejatinya adalah anak perusahaan dari maskapai swasta Batavia Air. Saya adalah salah satu yang beruntung dapat menerima beasiswa penerbang dari Batavia Air, dan bergabung ke dalam keluarga AFI di angkatan ke 9 . Saat saya bergabung di AFI tepatnya pada tanggal 10 September 2009 , saya memiliki teman wanita asal Papua, dia menjadi satu-satunya sahabat perempuan saya yang selalu menemani saya baik di sekolah maupun diluar sekolah. Namun sayang sekali teman wanita saya yang baik ini tidak dapat melanjutkan pendidikannya dan harus kembali ke tanah Papua. Dan pada akhirnya saya adalah satu-satunya wanita di antara 17 pria di angkatan saya.

Aero Flyer memiliki 10 pesawat latih dengan tipe Cessna 150, dan Cessna 172. Dengan Call-Sign PK-HAA sampai PK-HAN yang menghantarkan saya dan teman-teman sampai lulus pendidikan. Saya masih ingat pertama kali saya mengudara dengan pesawat PK-HAH dan pesawat ini terus menjadi pesawat kenangan dan favorit bagi saya.

Selama 2 tahun saya belajar di Aero Flyer, proses pendidikan dibagi menjadi 2 tahap yaitu Ground Training dan Flight Training. Ground training kami tempuh dalam waktu 6 bulan di Batavia Training Center yang berlokasi di Bandara Mas, Cengkareng. Serta flight training selama 1 tahun 6 bulan di Bandara Budiarto, Curug dan Bandara Cakrabuwana di Cirebon.

Tentunya perjuangan saat sekolah pilot tidak semudah belajar menyetir mobil dan juga tidak se-seram yang saya bayangkan. Aero Flyer sangat menghargai siswi wanitanya. Mereka tidak membedakan antara siswa pria dan siswi wanitanya, Semua memiliki hak dan kewajiban yang sama. Sebagai siswi penerbang saya tetap melakukan sendiri refueling pesawat, mengisi oli pesawat, membersihkan pesawat, mendorong pesawat, mengikuti pelatihan fisik bersama teman-teman pria. Tidak ada keistimewaan juga tidak ada pengucilan disini.

Selama Ground training kami para siswa diajarkan berbagai macam pelajaran basic tentang penerbangan, seperti Aerodinamic, Meteorology, Radio Telephony, Airlaw, Navigation, Power Plant dan masih banyak lagi. Pelajaran ini dijamin terus kita gunakan bahkan sampai kita telah lulus dan menjadi penerbang komersil. Kami juga mengikuti pelatihan Jungle and Sea Survival, bagaimana cara tetap bertahan hidup jikalau kita sampai mengalami “emergency situation” yang mengakibatkan kita harus mendarat darurat di air  ataupun di hutan. Kita benar-benar tidak membawa perbekalan dan belajar bertahan hidup dari alam. Sugguh pengalaman yang manis untuk dikenang tapi tidak mau untuk diulang. Hahaha..

Selama Flight training tentunya adalah masa-masa yang paling seru. Saya masih ingat dengan jelas, 4 Januari 2010. Itu adalah first moment saya mengudara dengan Cessna 172, masih terasa bagaimana perasaan saya waktu itu ketika pertama kali pesawat tersebut naik dan terangkat ke udara karena tangan saya sendiri. That was one of the best moment in my life!!! Awan putih terlihat begitu jelas dari pesawat latih saya membawa saya melintasi area selatan dari Bandara Budiarto di ketinggian 3000 kaki di atas permukaan laut.

Dalam masa pelatihan terbang, semua siswa siswi penerbang diwajibkan harus bisa mnerbangkan pesawat sendiri tanpa bantuan instruktur ( terbang solo ) dalam waktu kurang dari 20 jam. Jika lebih dari pada itu, maka dengan sangat menyesal pendidikan siswa tersebut akan diberhentikan. Moment first solo adalah saat yang paling penting bagi seorang penerbang. Pasti tidak ada satupun penerbang yang melupakan saat terbang solo pertamanya. Setiap seusai terbang solo, kami mempunyai ritual (mandi oli) , dan saya pun sebagai siswi wanita merasakannya. Mencapai First Solo dengan 12 jam pada tanggal 15 Juni 2010, saya pun mengalami ritual yang sama dengan penerbang pria lainnya. Mulai dari mandi oli, disiram air selokan, mencium ban pesawat. Namun karena begitu senangnya pada hari itu, semua siksaan senior pun menjadi tidak terasa dan menjadi kenangan manis di masa sekarang.

Saat ini meskipun Batavia Air memang sudah tidak lagi berkarya di langit Indonesia, namun Aero Flyer masih terus membuka kelasnya dan mengadakan pelatihan bagi calon-calon pilotnya dengan program hingga Multi Engine Rating.

BAGAIMANA MEMILIH SEKOLAH PILOT YANG ‘PAS’ ?

Ada begitu banyak sekolah pilot di Indonesia saat ini. Mereka mempunyai tujuan yang sama yaitu menghasilkan pilot handal yang bisa berkarya menjadi pekerja langit Indonesia.Namun tentunya ada hal yang membedakan sekolah yang satu dengan yang lain, misalnya adalah lokasi pelatihan, lama nya tempuh pendidikan, program sekolah, fasilitas  sekolah, dll. Itulah yang membuat variasi dari harga sekolah pilot tersebut  Untuk memilih sekolah penerbangan yang cocok dengan kalian pastikan yang sesuai dengan kebutuhan kalian, contoh nya ada sekolah penerbangan yang menyediakan mess ada yang tidak, ada yang lokasinya dekat ada pula yang di luar Jakarta. Itu semua sesuai dengan kebutuhan kalian terutama kesanggupan dana. Sayang sekali saat ini sudah tidak ada lagi beasiswa penerbang yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan Indonesia. Terakhir yang saya ketahui hanya Wings Flying School, namun sayangnya Lion Group masi belum membuka kesempatan kerjanya pada pilot wanita.

BERAPA SIH KISARAN HARGA SEKOLAH PILOT?

Seperti yang saya sebutkan tadi di atas, harga sekolah pilot bervariasi sesuai dengan fasilitas dan paket yang ditawarkan. Kisaran harga sekolah pilot untuk mendapatkan license CPL-IR saat ini adalah 500-800 jt rupiah. (harga terus berubah mengikuti kurs USD)

MAU SEKOLAH DIMANA?

Berikut saya sertakan nama- nama sekolah penerbangan di Indonesia, informasi lebih lengkapnya boleh kalian cari di website sekolah tersebut masing-masing.

  1. Aero Flyer Institute
  2. Alfa Flying School
  3. ATKP Surabaya
  4. Bandung Pilot Academy (BPA)
  5. Bali International Flight Academy (BIFA)
  6. Deraya Flying School
  7. Flybest Flying School
  8. Ganesha Flying School
  9. Global Flying School
  10. Lombok International Flight Academy (LIFT)
  11. NAM Flying School
  12. Perkasa Flying School
  13. Proflight Flying School
  14. Rajawali flying School
  15. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

Untuk informasi mengenai masing-masing sekolah penerbang, silahkan kalian cari di website sekolah penerbang tersebut dan menghubungi contact person yang dicantumkan. Saya pribadi mungkin hanya bisa memberikan informasi tambahan untuk sekolah Aero Flyer Institute dan Alfa Flying School (karena adik saya bersekolah disini).Yang menginginkan informasi tentang kedua sekolah tersebut, boleh comment dengan mencantumkan email kalian ya!

Mungkin informasi yang saya miliki kurang lengkap dan masih ada lagi Flying School yang belum saya cantumkan di atas. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan mengenai beasiswa penerbang dan daftar flying school tambahan untuk list saya, silahkan boleh tambahkan di comment.

Good luck guys!

Cheers!

@patriciayora

Advertisements

72 thoughts on “FLYING SCHOOL

  1. Ka kan aku pake kacamata tapi aku mau jadi pilot bisa ga tuh pas sekolah pilot pake kacamata trus abis lulus dapet Ipl cml Dan me operasi lasik oh iya sekolah pilot itu ada ga si system loan jadi Kita bayar pas Kita udah kerja di airline

    Like

  2. kak cara lulus masuk sekolah pilot gimana sih??apa setelah mendaftar dan melakukan persyaratan semua bisa langsung lulus atau masih ada prosesnya??mksh ya kak

    Like

  3. Kak ksih tau dnk persiapan untuk tes medex serta b.inggris ? Apa saja yg hrus dipersiapkan
    tes medex utk rogen gmn kak ?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s